Langsung ke konten utama

Review Drama Welcome To Samdal Ri oleh Review Lina

Drama romantis komedi yang akan aku rekomendasikan kali ini berjudul Welcome To Samdal Ri. Diperankan oleh Ji Chang Wook dan Shin Hye Sun serta para artis berbakat lainnya. Drama ini ini berlatar di Pulau Jeju, Korea Selatan. 

Drama ini tayang di Jtbc serta Netflix setiap Sabtu Minggu mulai 2 Desember 2023 dan episode terakhir nya 21 Januari 2024. Total 16 episode. 

Sinopsis:

Cho Yong-pil bekerja sebagai petugas prakiraan cuaca di pulau Jeju. Ia terkenal sebagai orang yang tidak terkendali di badan meteorologi. Ketika dirasa benar, ia tak segan-segan mengutarakan pandangannya bahkan kepada pengelola badan meteorologi. Dia pertama kali ingin menjadi petugas prakiraan cuaca setelah ibunya meninggal karena prakiraan cuaca yang salah. Ibunya bekerja sebagai penyelam wanita (hanyeo). Cho Yong-pil lahir dan besar di Samdalri di pulau Jeju. Dia sangat mencintai kampung halamannya di Samdalri dan Pulau Jeju dan dia masih tinggal di sana dan merawat para tetua di Samdalri. Dia memiliki teman masa kecil Cho Sam-dal. Mereka lahir di tahun yang sama dan tumbuh bersama di Samdalri. Meskipun mereka dekat selama bertahun-tahun, mereka malah berpisah.

Cho Sam-dal adalah seorang fotografer terkenal yang bekerja dengan nama samaran Cho Eun-hye di Seoul. Dia mencapai puncak profesinya setelah bekerja sangat keras sebagai asisten selama 8 tahun di industri fotografi fashion. Karena suatu peristiwa, dia kehilangan karir fotografinya dan hidupnya hancur. Dia kembali ke kampung halamannya di Samdalri, tempat yang selalu ingin dia tinggalkan. Cho Yong-pil dan Cho Sam-dal bertemu lagi setelah bertahun-tahun dan hubungan mereka berkembang secara romantis.

Komentar Pribadi 

Kalau berdasarkan teaser yang dirilis di awal, drama ini menggambarkan kisah cinta lama yang bersemi kembali. Namun ternyata cerita didalamnya sangat kompleks. Ada kekeluargaan, persahabatan, karir, cinta, dan lingkungan.

Karena berlatar di Pulau Jeju, drama ini juga mengangkat cerita para hanyeo disana. Keindahan alamnya serta keberagaman masyarakat di Pulau tersebut. 

Awalnya aku mengira kalau drama ini akan berfokus di 2 tokoh utamanya saja, namun ternyata setiap episodenya selalu membawa cerita dari sudut pandang berbeda.  

1. Cho Samdal, nama pemberian orang tuanya ini terbilang sederhana tapi bermakna, Sam Dal Ri merupakan nama desa tempat mereka tinggal. Cho Yong-pil, salah seorang penyanyi legenda yang merupakan idola para wanita saat itu (tahun 80-an). Tak terkecuali kedua ibu Cho Samdal dan Yong Pil. Mereka berdua melahirkan dihari yang sama dan berjanji menjodohkan keduanya.
2. Kisah persahabatan Samdal dan keempat sahabatnya yang terjalin sejak kecil hingga mereka dewasa, walaupun sempat renggang karena putusnya hubungan Samdal dan Yong Pil. Sejak kecil mereka berlima menganggap diri mereka sebagai power rangers. Saling membantu dan melengkapi.
Setelah lulus bahkan mereka bersama sama menuju daratan utama (Seoul) untuk mengadu nasib. Sayangnya saat itu keluarga Bu Sang Do, terbilang sangat miskin jadi tidak dapat mengirim Bu Sang Do ke Seoul. Meski begitu akhirnya Bu Sang Do bekerja keras sampai sukses di Jeju.
Banyak rintangan yang dihadapi selama di Seoul. Ke empat power rangers ini tetap bersahabat dan bersama, walaupun pada akhirnya hanya Sam Dal yang bertahan sampai karirnya bagus 
3. Kisah Samdal dan 2 saudarinya juga tak luput di ceritakan. Kata orang "ada bayangan dibalik orang yang bersinar". Dibalik kemegahan dan senyuman yang berseri-seri ada kegelapan tersembunyi yang tak tampak. 
Sisi lain kehidupan samdal bersaudara di kota. Mereka terlihat bahagia. Namun mereka menyimpan kisah sedih tersendiri yg tidak diperlihatkan ke orang-orang. 

Jindal, menikah dengan pria kaya raya. Di mata teman-temannya kehidupan jindal pasti menyenangkan karena memiliki banyak uang dan kemewahan. Akan tetapi memiliki mertua dan ipar yg berlaku seenaknya membuat jindal tertekan, ditambah lagi memiliki suami yg tidak bisa bersikap tegas, akhirnya jindal memutuskan bercerai di pernikahannya yang ke 5 tahun. 

Samdal, sebagai fotografer terkenal. Dibalik pencapaiannya itu, banyak sekali perjuangan yang telah dilalui, merintis karir dari bawah, rasa lelah dan air mata.

Haedal, sebagai penjual di sebuah toko yang banyak disukai oleh pembeli karena selalu tersenyum, ramah, dan ceria. Kisah haedal juga tidak kalah sedih, sang kekasih meninggal dunia saat haedal dalam keadaan hamil. Perempuan yang kuat dan tangguh, ia berperan sebagai ibu sekaligus ayah untuk hayul anaknya.
4. Tentang karir seseorang yang bisa hancur karena rumor belaka. Seperti yang dialami Cho Samdal, saat karirnya sedang melambung tinggi, ada saja orang yang merasa iri padanya sehingga membuat rumor dan fitnah di medsos sehingga Karirnya hancur berkeping keping.

5. Persahabatan antara Bu Mija dan Ko Mija, kedua ibu Cho Samdal dan Cho Yong-pil. Bersahabat karena sama sama mengidolakan Cho Yong-pil sang legenda. Saling membantu dan keduanya berjanji akan menjadi besan.
Walau akhirnya mereka harus terpisahkan oleh maut dan membuat permusuhan antara ayah Cho Yong-pil dan Ibunya Cho Samdal.

Jadi menurut ku drama ini bukan sekedar drama biasa tapi lebih ke drama healing.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama Soundtrack #1, Dari Sahabat Jadi Cinta

Kali ini aku mau review salah satu drama pendek yang menurutku lumayan bisa dinikmati kala musim dingin, pas banget sama bulan Desember yang identik dengan salju. Kenapa ? Karena aku mau bahas drama romansa persahabatan yang ceritanya hangat tapi menyejukkan dan bisa buat salting brutal para penonton 🤭 Judul dramanya Soundtrack #1 , diperankan Park Hyung Sik sebagai Han Seon Wu, dan Han So Hee sebagai Lee Eun Su. Drama ini cuma 4 episode dan tidak sampai 1 jam setiap episodenya. Drama ini berkisah tentang Lee Eun Su yang bekerja sebagai penulis lirik lagu, yang punya sahabat selama hampir 20 tahun bernama Han Seon Wu. Han Seon Wu bekerja sebagai seorang fotografer. Karena persahabatan nya yang sudah lama ini mereka saling membutuhkan hingga tanpa sadar benih cinta tumbuh di keduanya. Namun mereka menutupi rasa itu demi menjaga persahabatan. Hmmm, benar kata orang bahwa pria dan wanita tidak akan pernah bisa jadi sahabat selamanya, karena pasti ada y

Castaway Diva, Sang Diva yang Terdampar 15 Tahun_ Review Lina

Tentang Drama Anyyeonghaseo chingu😘 kali ini tulisanku tentang drama sedang tayang yang pastinya rekomendasi banget buat ditonton pas weekend.  Judulnya " Castaway Diva" yang diperankan oleh Park Eun Bin, Chae Jong Hyeop, Cha Hak Yeon, dan Kim Hyo Jin. Tayangnya di TvN sama Netflix sabtu - Minggu malam. Awal Cerita  Drama "Castaway Diva" ini mengisahkan tentang mimpi seorang gadis remaja bernama Seo Mok Ha yang ingin menjadi seorang diva terkenal seperti Yoon Ran Joo yang sangat dikaguminya. Di usia remajanya Seo Mok Ha harus menerima perlakuan kasar dari ayahnya yang seorang pemabuk berat. Selain itu ada juga Jung Ki Ho, teman sekelas Mok Ha yang cerdas dan pekerja keras. Ia juga kerap mengalami kekerasan yang dilakukan ayahnya yang bekerja sebagai polisi. Suatu ketika ada kontes video penggemar yang diadakan oleh agensi Yoon Ran Joo. Mok Ha sangat antusias mengikuti lomba tersebut, karena saat itu ia belum memiliki kamera digital terpaksa

Review Film Unlocked - Review Lina

Ketika ponselmu diretas orang tak dikenal dan menghancurkan hidupmu. Film thriller Korea ini menampilkan aktor Im Si Wan yang kembali berperan sebagai seorang hacker dan psikopat. Im Si Wan kembali dengan peran psikopat setelah tampil dengan karakter tersebut di film Stranger from Hell dan Emergency Declaration. Di film Unlocked ini, Im Si Wan beradu akting dengan Chun Woo-Hee, artis cantik yang banyak memenangkan penghargaan Best Actress Korea. Sinopsis Film Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Lee Na-Mi (diperankan Chun Woo-Hee). Ia bekerja sebagai karyawan marketing di perusahaan "Massit Gannak". Suatu hari ketika pulang kerja dalam keadaan lelah dan sedikit mabuk Lee Na Mi tanpa sadar menjatuhkan ponselnya di bus. Di ponsel tersebut berisi semua data pribadi miliknya. Untungnya, ponsel tersebut ditemukan oleh  Oh Jun Yeong (Im Si wan) dan  dikembalikan pada Lee Na Mi. Namun, sejak saat itu banyak keanehan yang  terjadi dala