Langsung ke konten utama

Pengalaman Melamar Kerja Pertamaku

Assalamualaikum Wr. Wb.

Buat para pencari kerja diluar sana aku mau berbagi kisah ku sedikit nih... Jujur aja ya ini cerita konyol banget soal aku yang gak tahu apapun gimana cara melamar kerja yang bener.

Jadi waktu itu merupakan hari dimana aku sudah gak sibuk disekolah, ya maklum lah habis ujian kan ya, ada hari hari santainya gitu, paling kesekolah cuma buat persiapan wisuda atau sekadar mengembalikan buku ke perpustakaan dan melengkapi administrasi yang belum kelar. Teman-temanku bahkan ada yang sudah dapat kerja ya walaupun dengan gaji seadanya, ya maklum lah mau dibilang lulus juga belum kan ?, nah dari situ diriku ini kepengen juga bisa ngisi waktu santai dengan kerja daripada cuma makan, tidur, malah kayak nyusahin dirumah gak ada kerjaan. Akhirnya aku putuskan buat tanya lowongan kesalah satu temanku yang sudah dapat kerja tadi. Dapat tuh.., di salah satu Toko HP yang kebetulan banget emang belum di buka karena toko baru dan butuh karyawan, udah gitu tempatnya juga deket banget sama rumah, jelas aku antusias banget kan ya !, terus aku putusin buat menghubungi si pemilik toko tadi setelah dapat nomornya dari temanku yang kasih info tadi. Dibales deh, aku disuruh datang bawa perlengkapan yang biasanya dipakai buat melamar kerja. Sebenarnya aku bingung, kan belum pernah melamar kerja, ya terus otomatis diriku ini tanya dongg apa aja yang perlu dibawa ? Dibales lagi, suruh bawa Ktp, ijazah dan yang lainnya. Tapi emang dasar akunya yang bodoh apa emang pelupa gitu, aku gak bikin surat lamaran kerja. Trus pas interview si pemilik toko ini juga kok gak tanya'in surat lamarannya gitu. Habis interview aku disuruh pulang dan tunggu kabar darinya apakah aku bakalan di terima atau tidak. Seminggu menunggu belum ada kabar. Dua minggu, Bapak saya tanya, gimana diterima kerja ?, katanya, bapak liat Toko HP itu hari ini sudah buka. Asumsi ku sih aku gagal. Ya sudah, mungkin belum rezeki aku aja dapat kerja disitu. Kemudian sesudah wisuda, ada lagi teman yang ngajakin buat kerja di salah satu toko baju gitu, dari sini aku mulai sadar apa saja yang perlu disiapkan buat melamar kerja salah satunya ya surat lamaran kerjanya itu. Menurutku surat lamaran kerja itu merupakan identitas dari sipelamar kerja, bener gak sih ?, ya kan pasti didalamnya itu berisi tentang biodata, riwayat pendidikan, dan posisi apa yang ingin ditempati sipelamar kerja. Tapi ya lagi-lagi gagal deh dapat kerja. Dari sini aku beneran baru sadar betapa konyolnya aku waktu melamar kerja tapi gak buat surat lamaran kerjanya, masa iya sih aku cuma bawa Ktp, fotokopi ijazah, KK yang aku masukin dalam map gitu, kok malah kayak mau mengajukan pinjaman ya ?? Aahh.... aku menyalahkan diriku sendiri yang begitu ceroboh dan gegabah, bisa jadi kan waktu itu seandainya aku buat surat lamaran kerja mungkin aja aku diterima. Menyesal ??, itu sudah pasti...Tapi ya gitu deh aku pasrahkan sama yang diatas mungkin emang bukan rezeki ku disana. Aku ambil aja hikmah dari sini, bahwasanya suatu pekerjaan itu tidak ada yang sepele, mungkin saat itu aku punya pikiran bahwa palingan jadi penjaga toko gajinya juga gak seberapa, dan aku terlalu menganggap enteng persaingan dunia kerja, aku terlalu menyepelekan hal hal kecil yang sebenarnya merupakan hal fatal, satu lagi bahwa nggak cuma aku aja yang butuh kerja tapi ada banyak orang diluar sana yang butuh kerja'an juga, seharusnya aku bisa berfikir kesana juga. Ya inilah yang bisa aku rasakan sekarang, selalu keinget terus akan kejadian ini tapi Alhamdulillah sekarang aku sudah dapat kerja yang lumayan, baik dari gaji, partner kerja, dan atasan juga. Dari sini juga aku belajar bersyukur, cari kerja itu susah, selalu ada persaingan, dan ketika kita sudah dapat yang lumayan, ingat jangan disia siakan, upayakan untuk memberikan yang terbaik yang bisa kita kerjakan dan jangan sampai buat atasan kita kecewa terhadap kita. Kalaupun ternyata pekerjaan itu gak sesuai minat kita apa salahnya sih bila kita anggap itu hanya sebagai batu loncatan. Begitu sudah bisa mengumpulkan uang yang lumayan baru deh cari kerja yang benar benar sesuai sama minat kita, paling gak kita kan sudah punya pengalaman kerja, jadi memudahkan buat pekerjaan yang baru nantinya.

Itu deh Pengalaman aku waktu pertama kali mencoba melamar pekerjaan, yang memang kuakui bahkan aku tidak bisa lupain sampai sekarang, dan bahkan nih setiap aku melewati Toko HP tersebut aku tuh merasa malu sendiri. Gak kebayang gimana aku bisa gegabah gitu ya.. Wkwkwk.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Drama Soundtrack #1, Dari Sahabat Jadi Cinta

Kali ini aku mau review salah satu drama pendek yang menurutku lumayan bisa dinikmati kala musim dingin, pas banget sama bulan Desember yang identik dengan salju. Kenapa ? Karena aku mau bahas drama romansa persahabatan yang ceritanya hangat tapi menyejukkan dan bisa buat salting brutal para penonton 🤭 Judul dramanya Soundtrack #1 , diperankan Park Hyung Sik sebagai Han Seon Wu, dan Han So Hee sebagai Lee Eun Su. Drama ini cuma 4 episode dan tidak sampai 1 jam setiap episodenya. Drama ini berkisah tentang Lee Eun Su yang bekerja sebagai penulis lirik lagu, yang punya sahabat selama hampir 20 tahun bernama Han Seon Wu. Han Seon Wu bekerja sebagai seorang fotografer. Karena persahabatan nya yang sudah lama ini mereka saling membutuhkan hingga tanpa sadar benih cinta tumbuh di keduanya. Namun mereka menutupi rasa itu demi menjaga persahabatan. Hmmm, benar kata orang bahwa pria dan wanita tidak akan pernah bisa jadi sahabat selamanya, karena pasti ada y

Castaway Diva, Sang Diva yang Terdampar 15 Tahun_ Review Lina

Tentang Drama Anyyeonghaseo chingu😘 kali ini tulisanku tentang drama sedang tayang yang pastinya rekomendasi banget buat ditonton pas weekend.  Judulnya " Castaway Diva" yang diperankan oleh Park Eun Bin, Chae Jong Hyeop, Cha Hak Yeon, dan Kim Hyo Jin. Tayangnya di TvN sama Netflix sabtu - Minggu malam. Awal Cerita  Drama "Castaway Diva" ini mengisahkan tentang mimpi seorang gadis remaja bernama Seo Mok Ha yang ingin menjadi seorang diva terkenal seperti Yoon Ran Joo yang sangat dikaguminya. Di usia remajanya Seo Mok Ha harus menerima perlakuan kasar dari ayahnya yang seorang pemabuk berat. Selain itu ada juga Jung Ki Ho, teman sekelas Mok Ha yang cerdas dan pekerja keras. Ia juga kerap mengalami kekerasan yang dilakukan ayahnya yang bekerja sebagai polisi. Suatu ketika ada kontes video penggemar yang diadakan oleh agensi Yoon Ran Joo. Mok Ha sangat antusias mengikuti lomba tersebut, karena saat itu ia belum memiliki kamera digital terpaksa

Review Film Unlocked - Review Lina

Ketika ponselmu diretas orang tak dikenal dan menghancurkan hidupmu. Film thriller Korea ini menampilkan aktor Im Si Wan yang kembali berperan sebagai seorang hacker dan psikopat. Im Si Wan kembali dengan peran psikopat setelah tampil dengan karakter tersebut di film Stranger from Hell dan Emergency Declaration. Di film Unlocked ini, Im Si Wan beradu akting dengan Chun Woo-Hee, artis cantik yang banyak memenangkan penghargaan Best Actress Korea. Sinopsis Film Film ini bercerita tentang seorang wanita bernama Lee Na-Mi (diperankan Chun Woo-Hee). Ia bekerja sebagai karyawan marketing di perusahaan "Massit Gannak". Suatu hari ketika pulang kerja dalam keadaan lelah dan sedikit mabuk Lee Na Mi tanpa sadar menjatuhkan ponselnya di bus. Di ponsel tersebut berisi semua data pribadi miliknya. Untungnya, ponsel tersebut ditemukan oleh  Oh Jun Yeong (Im Si wan) dan  dikembalikan pada Lee Na Mi. Namun, sejak saat itu banyak keanehan yang  terjadi dala